Apakah fungsi website?

Website bisa berfungsi untuk jualan, hobby, blogging, komunitas, organisasi, atau sekedar sarana
 untuk mempelajari internet marketing Website bukanlah sekedar media untuk menjaring calon
kustomer/pengunjung melalui mesin pencari seperti  GoogleYahooBing dsb. Kalau website cuma diniatkan untuk itu maka usaha akan sulit berkembang. Apalagi kalau bidang usahanya yang sangat umum atau banyak pesaing, tentunya juga akan bersaing dengan ratusan atau ribuan website lain dengan bidang yang sama. Memiliki website seperti kita baru membuka toko.
contoh tampilan toko online shop737
Tampilan Toko online

contoh tampilan website shop737
contoh tampilan website
Tentunya tidak sekedar menunggu orang yang lewat untuk mampir ke toko kita, melainkan juga harus aktif "menjemput bola" yaitu dengan mempromosikan tokonya dalam hal ini mempromosikan alamat website anda (www.......com) kepada market. Baik itu secara online seperti social media, forum diskusi, email dan sebagainya. Juga advertising konvensional seperti iklan surat kabar, baliho, kartu nama, brosur cetak, dsb dianjurkan mencantumkan alamat website anda sebagai "brosur online". Yakni ketika di media konvensional tidak cukup menampilkan usaha anda, calon kustomer bisa melihat profil usaha anda melalui alamat website yang tercantum di koran, kartu nama, brosur dsb.Bahkan perusahaan online seperti Lazada.co.id atau OLX pun tidak mengandalkan hasil pencarian, tapi mereka beriklan di berbagai media konvensional seperti televisi.

Apakah nilai lebih dari website toko online dibanding toko biasa?

Transaksi online jauh lebih menjanjikan daripada toko biasa. Lihatlah yang terjadi dengan Amazon.com atau Lazada.co.id. Omzet mereka jauh lebih tinggi dari transaksi mall-mall megah yang dibangun dengan biaya tinggi. Kenapa? Karena transaksi online bisa mencakup kustomer seluruh Indonesia bahkan dunia, sedangkan mall atau pusat pembelanjaan hanya mentargetkan orang-orang di kota dimana mall tersebut berdiri.
Keuntungan lain transaksi online adalah anda bisa membangun kustomer semakin luas tanpa harus bertemu dengan mereka. Dan biasanya kustomer yang merasa aman dan percaya transaksi online dengan anda, dia enggan beralih ke penjual lain meski menawarkan harga yang lebih murah. Hal ini disebabkan faktor kepercayaan dan keamanan yang membuat mereka enggan bertransaksi dengan penjual yang belum dia yakin bisa dipercaya.
dampak toko online
Menjamurnya toko online berdampak kepada pedagang konvensional

Apakah kelebihan memiliki website ketimbang usaha di media sosial media?

Sosial media seperti Facebook atau Twitter adalah media gratisan, semua orang sudah faham hal tsb. Siapapun bisa buat. bahkan satu orang bisa memiliki beberapa akun socmed. Hal ini yang membuat media sosial mejadi rawan penipuan dan kurang bisa dipercaya. Beda halnya dengan website. Meski ada juga penipuan dengan website, tapi faktanya tingkat kepercayaan orang akan beda antara website berbayar dengan socmed gratisan. Website bisa membuat usaha anda terlihat lebih kredible dan lebih bisa dipercaya.
Disamping itu media sosial rawan peretasan. Sekali akun media sosial anda diretas dan diambil alih peretas, kemungkinan besar akun anda tidak bisa kembali walhasil usaha online anda hancur dan anda kehilangan kontak dengan kustomer dan harus mulai dari awal lagi. Lain halnya dengan website. Website tidak bisa diambil alih. Kondisi paling buruk cuma dirusak, dan hal itu bisa dipulihkan lagi hanya dengan menghubungi pembuat website. Dan Shop737.com sangat cepat untuk respon seperti ini


Apakah kelebihan memiliki website ketimbang jualan di marketplace (MP) seperti Tokopedia dan Bukalapak?


1. Jualan di Market Place tidak akan bisa berkembang karena tidak memiliki nilai branding, konsumen tidak akan loyal dengan produk anda, karena disana konsumen akan melihat produk sejenis yang bisa lebih murah.

2. Calon pembeli yang menghubungi anda lewat chat di Market Place tidak bisa meninggalkan jejak, seperti nomor HP atau sejenisnya. jadi anda tidak bisa follow up kepada calon konsumen tsb

3. Konsumen disamping lebih melirik harga yang lebih murah di Market Place, juga tidak bisa memberitau kawan-kawan mereka tentang produk anda karena tidak punya branding. beda dengan website, mereka bisa rekomendasi hanya dengan menyebutkan alamat website anda www..........com, dan usaha anda bisa makin meluas

Manakah yang lebih baik, website atau apps?Meski sekarang sudah ada media online seperti Google Play (Android) dan App store (iOS) tapi apps lebih berguna bagi usaha yang sudah memiliki banyak loyal customer, yaitu agar memudahkan komunikasi dan interaksi antara pedagang dengan pelanggan setianya. Sedangkan untuk menjaring pelanggan baru, apps tidak begitu berguna karena tentunya merepotkan calon konsumen yang harus search dulu di Google Play, lalu download, kemudian instal di HPnya yang cukup memakan waktu juga ... kuota :) . Disamping itu apps tidak terdeteksi di pencarian seperti Google, Yahoo, dsb. Jadi tentunya bagi perintis bisnis yang ingin meraup kustomer baru hal ini akan sulit.

Lain halnya dengan website. Jika kita ingin memperkenalkan usaha kita cukup berikan alamat websitenya www......com maka kustomer bisa langsung melihat profil tanpa harus repot search, download dan instal. Dan juga memudahkan anda beriklan dimanapun hanya dengan mempromosikan alamat website saja yang tidak bisa dilakukan jika anda cuma memiliki apps.

Jadi mulailah memliki website sekarang juga :)

Kunjungi Jasa pembuatan website termurah se-Indonesia Shop737.com 

Menyediakan website terjangkau dan berkualitas mulai harga 100ribuan setahun

No comments:

Post a Comment